Beliau adalah
seorang ulama besar tabi’in dalam bidang ilmu qira’ah (bacaan) dan tafsir.
Salah satu murid Ibnu Abbas yang sangat terkenal sehingga menjadi rujukan ilmu
tafsir di zamannya, ia mantan seorang budak. Terdapat
perbedaan tentang siapa tuannya. Muhammad bin 'Ubaid berkata, dari Sufyan Ats
Tsauri, ia berkata, "Mujahid adalah mantan budak Bani Zuhroh."
Ahmad bin Hanbal berkata,
"Mujahid adalah mantan budak 'Abdulloh bin As Sa'ib." Ini juga
merupakan pendapat Imam Bukhori dan Imam Muslim.
Al Hamidi dan yang lainnya
mengatakan, "Mujahid adalah mantan budak Qois bin As Sa'ib."
Nama
lengkapnya adalah Mujahid bin
Jabir al-Makky Abul Hajjad al-Makhzumy al-Muqry. Beliau lahir pada tahun 21 Hijriyah
pada masa kekhalifahan 'Umar bin Khotthob.
Para Guru Beliau antara lain :
'Ali bin Abu Thalib, Sa'ad bin Abi
Waqash, 'Ubadalah yang empat ('Abdulloh bin 'Umar, 'Abdulloh bin Mas'ud,
'Abdulloh bin 'Abbas, 'Abdulloh bin 'Amru bin Al 'Ash), Rofi' bin Hudaij, Abu
Sa'id Al Khudri, 'Aisyah binti Abu Bakr, Juwairiyah binti Al Harits, Ummu Hani'
binti Abi Tholib, Ummu Salamah, Abu Huroiroh, Suroqoh bin Malik, Abdulloh bin
As Sa'ib Al Makhzumi, dan masih banyak lagi.
Para Murid Beliau antara lain :
'Atho' bin Abi Robbah, 'Ikrimah,
'Amru bin Dinar, Qotadah, Sulaiman Al Ahwal, Sulaiman Al A'masy, Salamah bin
Kuhail, Abban bin Sholih, Abdulloh bin Katsir al Qori', dan lain sebagainya.
Kedudukan Beliau dalam Tafsir :
Mujahid adalah orang yang paling
sedikit meriwayatkan di antara para sahabat Ibnu 'Abbas dalam hal tafsir. Karya
beliau dalam tafsir yang dinamakan Tafsir Mujahid tetap ada sampai hari ini,
beliau menggunakan metode tafsir bi ro’yi. Dan beliau
adalah orang yang paling tsiqqoh di antara mereka, sehingga banyak dari para
ulama' yang mengambil tafsir beliau, diantaranya Imam Asy Syafi'i dan Imam
Bukhori. Sebagaimana kita lihat dalam kitab Al Jami' Ash Shohih-nya
dalam bab tafsir adalah tafsir-tafsir dari Mujahid. Dan hal ini menunjukkan
akan pengakuan Imam Bukhori atas ketsiqohan dan keadilan serta kepahaman beliau
atas al Qur'an.
Al Fadhl bin Maimun
telah meriwayatkan, bahwa ia telah mendengar Mujahid berkata, "Aku telah
menuntut ilmu al qur'an dari Ibnu 'Abbas sebanyak 30 kali." Juga
diriwayatkan dari beliau bahwa beliau berkata, "Aku telah menuntut ilmu al
qur'an dari Ibnu 'Abbas sebanyak tiga kali, lalu aku berhenti pada setiap
ayatnya dan menanyakannya tentang apa/atas apa ayat tersebut turun dan
bagaimana hal itu terjadi."
Abu Hatim berkata, “Mujahid tidak mendengar (hadis) dari
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, hadits yang diriwayatkannya dari
‘Aisyah mursal”. Abu Nu’aim berkata, “Yahyah bin Qothan berkata: “Hadits-Hadits
mursal dari Mujahid lebih aku sukai dari pada hadits-hadits mursal yang di
riwayatkan oleh ‘Atha”. Qotadah berkata,
“Mujahid orang yang paling pandai tentang tafsir diantara orang-orang yang
masih hidup”.
Diriwayatkan dari Al
A'masy, ia berkata, "Mujahid seperti seorang kuli yang apabila beliau
berbicara seakan-akan dari mulut beliau keluar mutiara." Sufyan
Ats-Tsauri berkata, “Ambillah tafsir dari empat orang: Mujahid, Said bin
Jubair, Ikrimah, dan Adh Dhahak.”
Kepribadian Beliau:
Ibnu Hibban berkata, “Mujahid adalah seorang ahli fiqih yang
wara’(menjauhkan diri dari yang diharamkan), ahli ibadah, dan mempunyai hafalan
yang kuat”. Abu
Ja'far Ath Thobari berkata, "Beliau seorang qori' yang 'alim." Dan beliau termasuk orang yang mengkhatamkan
al-Qur’an sekali dalam sehari semalam.
Mujahid adalah seorang yang menyukai safar
berkeliling bumi, beliau mengamalkan ayat al-Qur’an
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي
الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka
bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya
kamu beruntung.” (Q.S. Al-Jumu’ah: 10). Tidaklah beliau mendengar sesuatu yang dikagumi melainkan
beliau pasti akan mendatangi dan melihatnya. Tercatat beliau pernah berpergian ke Hadramaut di negeri Yaman untuk mengunjungi sumur Barhut
dan Babil. Sebagaimana halnya beliau pernah berkunjung ke Mesir lalu
meriwayatkan dari Maslamah bin Makhlad. Demikian halnya ulama yang meriwayatkan
dari beliau di negeri tersebut cukup banyak. Pernah pula beliau menetap di
Kufah dalam jangka waktu yang cukup lama.
Nasehat-nasehat Beliau
Mujahid
berkata, “Dahulu kami menuntut ilmu agama ini tanpa adanya niat. Namun seiring
dengan berjalannya waktu, Allah pun menganugerahkan niat kepada kami.” Dalam
kesempatan lain beliau mengatakan, “Orang yang faqih adalah orang yang takut
kepada Allah meskipun ilmunya sedikit. Adapun orang yang jahil adalah orang
yang bermaksiat kepada Allah meskipun ilmunya banyak.” Dan masih banyak lagi.
Wafat Beliau :
Muhammad bin 'Umar al Waqidi meriwayatkan dari
Ibnu Juraij ia berkata : "Umur Mujahid mencapai 83 tahun."
Yahya al Qoththon berkata, "Beliau wafat pada tahun 104
Hijriyah." Lebih beberapa bulan di Makkah dalam keadaan sujud. Wallahu a’lam bish showab
Selayaknya
kita seorang muslimah meneladani sosok Mujahid yang bangkit dari kehinaan budak
menjadi seorang pemimpin ahli tafsir, segala kehinaan sirna dengan cahaya
ilmunya yang banyak. Satu poin yang patut kita tiru juga dalam mengkhatamkan
al-Qur’an, di bulan yang penuh berkah kita berlomba-lomba dalam menginvestasi
amal sholih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar